Satu Kebaikan Yang Mengundang Kebaikan Lainnya


Beberapa waktu yang lalu, video iklan dari Yayasan Aksi Cepat Tanggap muncul di beranda fb ku. Video berisi cuplikan penderitaan yang dialami penduduk Suriah yang sedang di bombardir dari serangan sekutu pemerintah dan Russia, juga dari serangan-serangan banyak kepentingan negara lainnya.

Tak terbayangkan jika diri ini berada pada posisi mereka, apakah masih bisa tegar menjalani hidup atau malah sudah putus harapan hidup. Melihat seorang ayah sedang menggendong anaknya berumur kira-kira dua tahunan yang meninggal dan berdarah-darah terkena serpihan bom, memaksaku membayangkan seolah-olah akulah seorang ayah itu dan anakku Ismail lah anak yang terluka ini. ya Allah...

Aku berfikir apa lagi yang bisa kulakukan sebagai bukti kepedulianku kepada saudara-saudaraku yang sedang terzalimi disana.Sungguh mereka punya hak atas diri ini untuk ditolong sebagai sesama muslim. Bahkan keadaan ini sekaligus adalah "umpan" dari Allah untuk menguji ukhuwah dalam hati muslim, seberapa besar kah ia saat ini.

Juga kesempatan untuk beramal shalih berharap juga Allah akan menolong diri ini ketika kesulitan yang sangat di akhirat nanti. Karena Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bersabda:
“Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang Mukmin, maka Allâh melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allâh memudahkan baginya (dari kesulitan) di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang Muslim, maka Allâh akan menutup (aib)nya di dunia dan akhirat. Allâh senantiasa menolong seorang hamba selama hamba tersebut menolong saudaranya. Barangsiapa menempuh jalan untuk menuntut ilmu, maka Allâh akan mudahkan baginya jalan menuju Surga...." (H.RMuslim no. 2699)
dan Firman Allah:
"...barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32).
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: