Inilah Alasan, Mengapa kita tidak mampu menghayati Al-Qur'an ??


Teman-teman, maaf sebelumnya kalau saya men-generalisir kita belum mampu memahami kitab suci sendiri. Mungkin mayoritas kita memang begitu. Padahal, Allah katakan ;

"..Kami jadikan ia sebagai cahaya yang dengannya Kami akan memberikan petunjuk....” (QS. asy-Syura: 52)
"..Petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. al-Baqarah: 1-2)
"..“Wahai umat manusia! Sungguh telah datang kepada kalian nasehat dari Rabb kalian (yaitu al-Qur’an), obat bagi penyakit yang ada di dalam dada, hidayah, dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus: 57)
"..sesungguhnya dalam al-qur'an itu ada peringatan...".

Mengapa kita saat ini belum mampu menghayati makna ucapan Allah dalam Al-qur'an? Selain sebab dosa-dosa yang mengotori hati, menurut saya sebab yang besar adalah Karena:
Kita TIDAK mengerti Bahasa Arab..
ya, bahasa Arab.

Sedikit pengalaman saya yang pernah Kuliah 4 tahun belajar bahasa Arab di Universitas Sumatera Utara, TAPI pekerjaan saya 100% tidak ada hubungan dengan bahasa Arab. pekerjaan saya full di Bisnis Online.. Walau begitu, saya merasa beruntung dan TIDAK ADA RUGI nya mempelajari bahasa Arab. Walau tidak saya gunakan di pekerjaan, paling tidak saya gunakan Setiap Hari di sholat saya. Insya Allah saya mengerti apa yang saya baca.
Kalau membaca al-Qur'an, saya mengerti (walaupun tidak semua).
Dan menurut saya itu keberuntungan yang besar.

Kembali ke Al-Qur'an. Saya mau bilang, Berbeda loh ketika kita paham bahasa Arab dalam membaca Al-Qur'an dengan yang hanya membaca terjemahan. Saya tidak tahu menjelaskannya gimana, tetapi ketika kita mengerti bahasa Arab, Keindahan, Kelembutan, makna tersirat dari ayat-ayat Al-Qur'an akan kita dapat. dan yang saya tahu itu kurang didapat jika hanya membaca terjemahan.

Tapi apapun ceritanya, memang kita butuh untuk mengerti Bahasa Arab. Karena bahasa ini adalah bahasa pengantar untuk memahami Agama Islam.
Firman Allah: "..(Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.” (QS. Az-Zumar: 27-28).
Sahabat Nabi, Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu pernah mengatakan: ”Pelajarilah bahasa arab karena bahasa arab adalah bagian penting dari agamamu”.
Imam Ahmad berkata : “Tanda keimanan para orang ‘ajam (non arab) adalah kecintaan mereka terhadap bahasa arab”

Dimana Bisa Belajar Bahasa Arab?

Alhamdulillah kita sudah sangat mudah mencari tempat belajar bahasa Arab saat ini. Dulu, ketika saya merasa kemampuan bahasa Arab yang saya pelajari di kuliah mulai hilang, dengan mudah saya bisa dapatkan program belajar bahasa Arab Online, hanya via Whatsapp. Guru memberi video pembelajaran, memberi kitabnya, dan memberi PR (Tugas), jadi sudah sangat mudah.

Dan kebetulan teman dekat saya yang dulu kami satu kelas di perkuliahan, yang saya tahu beliau sangat mencintai bahasa Arab sejak sebelum kuliah sampai saat ini berkeluarga, Berbaik hati ingin membantu kita yang ingin belajar bahasa Arab mulai dari Dasar hingga mahir insya Allah.

Kabarnya kelas akan dimulai tanggal 13 Agustus nanti, dan sekarang sedang proses mendata siapa saja yang ingin ikut. Kalau teman-teman ingin belajar juga, coba hubungi beliau di FB nya Muhammad Arif atau whatsapp beliau 0813-9755-8933.

Kabarnya juga, proses belajarnya adalah dengan tatap muka langsung di kelas, jadi lebih mudah. Tepatnya di Jl. Polonia Gang A, Medan (belakang Hermes). dan dibantu oleh adik kelas kami yang dulu juga kuliah di kampus yang sama, namun saat ini mengalahi kami karena ia sudah lulus dari LIPIA Jakarta yakni Ustadz Abu Hafizhah Almaidany, LC.

Untuk yang diluar Medan atau belum bisa ikut kelas tatap muka, kabar baiknya juga akan dibuka program belajar Online. Coba dihubungi saja beliau di nomor contactnya diatas.

Oke, ini pura-puranya saya memotivasi diri sendiri dan teman-teman FB. Semoga saya dapat pahalanya, apalagi ketika teman-teman ikut belajar dan akhirnya mengerti bahasa Arab sehingga lebih menghayati Ibadah.

Dan teman-teman yang ingin memotivasi orang lain untuk belajar Bahasa Arab, boleh dong share status ini. hehe
Dari Utsman bin Affan radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari dalam Kitab Fadha’il al-Qur’an [5027])
banner
Previous Post
Next Post

0 comments: