Husnul Khaatimah - Kematian Yang Baik - Amalan Hati


Meninggal dengan Husnul Khaatimah adalah cita-cita semua muslim. Karena husnul khaatimah atau meninggal dalam kebaikan akan menentukan nasib kehidupan di alam barzakh dan di akhirat kelak. Yang husnul khatimah akan mendapati kebahagiaan, dan yang suu'ul khaatimah akan mendapati kesengsaraan.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya amalan itu (tergantung) dengan penutupnya”. [HR Bukhari]

Kita tidak tahu bagaimana keadaan kita ketika akan meninggal kelak. Semoga Allah mengasihani kita dengan memberi husnul khatimah. Rasulullah pernah bercerita dalam sebuah hadits tentang orang yang dalam kehidupan sehari-harinya penuh dengan amalan ahli neraka hingga jaraknya dengan neraka tinggal sehasta, namun di akhir hidupnya ia melakukan amal shalih sehingga ia akhirnya masuk surga. dan ada juga yang dalam kehidupan sehari-harinya melakukan amal shalih, namun di akhir hidup saat menjelang kematiannya ia beramal dengan amalan ahli neraka maka ia akhirnya masuk neraka.

Ah, begitu butuhnya kita dengan belas kasih Allah saat-saat menjelang kematian, agar Allah memudahkan kita melakukan amal shalih. Yang aku pernah dengar penjelasan ulama, mereka yang sehari-hari beramal baik ternyata akhir hidupnya beramal buruk dan masuk neraka adalah mereka yang amalannya tidak ikhlas karena Allah, tidak membekas dihatinya dan mereka bermaksiat ketika bersendirian.

Alangkah besarnya pengaruh apa yang ada didalam hati.

Terkisah juga, sahabat nabi yang ketika hidupnya sudah diceritakan nabi bahwa ia akan menjadi penghuni surga. Para sahabat lainnya pun penasaran dengan amalan sahabat yang dijamin surga ini. Salah seorang mereka menginap dirumahnya selama 3 hari, namun ia tidak menemukan amalan-amalan spesial melebihi amalan yang biasa dilakukan sahabat nabi lainnya. Hingga ketika ia akan pulang, sahabat yang dijamin surga ini memberitahu rahasianya... "aku tidak pernah mempunyai rasa iri kepada sesama muslim atau hasad terhadap kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya.’", ungkapnya. Masya Allah... Amalan Hati.


banner
Previous Post
Next Post

0 comments: